25 June 2007


Modal dasar menjadi seorang jurnalis yang baik adalah RASA INGIN TAHU atau CURIOUSITY. Rasa tersebut menyebabkan seorang manusia, mencari jawaban atas semua pertanyaan yang mendasar dari sejumlah peristiwa yang terjadi.
Rasa Ingin tahu tersebut kemudian jika ditranslasikan ke dalam jurnalistik dikenal dengan istilah 5W1H, atau dalam bahasa Indonesianya adalah Apa (What), Siapa (Who), Dimana (Where), Kapan (When), Kenapa (Why) dan Bagaimana (How).
6 komponen ini sudah cukup untuk mengubah sebuah peristiwa menjadi sebuah berita yang dipublikasikan (terlepas dari layak atau tidak), dan menjadikan seseorang sebagai Jurnalis pemula. Tapi 5W1H bukan segalanya, masih ada 5w!1H! yang lebih menguras keringat dan kecerdasan seorang jurnalis, agar materi yang disampaikan lebih bermutu dan qualified.
Lebih lanjut untuk menjadi seorang Jurnalis yang baik, seorang pemula harus memiliki kemampuan berbahasa yang baik, kaya kosa kata, serta kemampuan menganalisis sebuah peristiwa menjadi mudah dicerna dan masuk akal. Tambah lagi satu hal yang utama JAM TERBANG dan rasa tidak mudah berpuas diri. Hal yang paling terakhir secara tidak langsung akan mempercepat pematangan jurnalis muda menjadi Good and Taft Journalist...
(Makassar, 24 Juni 2007 )

0 pendapat:

Categories

Pages

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget