27 June 2007



"tuh kan betul saya bilang....," kalimat itu terlontar lagi dari mulut saya setelah mengetahui ada sebuah mobil yang tertimpa pohon tak lama setelah saya bilang, "ada badai di makassar". Ini adalah prediksi saya yang terjadi untuk kesekian kalinya setelah Banjir Bandang Sinjai, Adam Air, dan peristiwa kecil lainnya. Beberapa bisa dijelaskan dengan ilmiah, namun ada juga yang tidak terjelaskan....saya mengatakan inilah Insting Jurnalis atau Insting Wartawan.

Seorang Jurnalis yang baik, umumnya memiliki insting yang cukup tajam dalam memprediksi suatu peristiwa yang belum terjadi, atau mungkin akan terjadi. Prediksi peristiwa ini umumnya diperoleh dengan analisa peristiwa yang telah terjadi kemudian diramu secara statistik dengan sedikit teori probabilitas, seberapa besar kemungkinan terjadinya peristiwa dimasa yang akan datang.

Menariknya tidak semua insting dapat dipelajari secara ilmiah, bahkan beberapa jurnalis senior terkadang secara spontan dapat menduga apa yang terjadi hanya berdasarkan feeling (Sixth Sense), nah ini dia yang sulit dijelaskan....Lihat posting saya tanggal 2 Januari 2007.

Padahal insting merupakan salah satu komponen penting dalam Jurnalistik. Namun urusan duga menduga dengan ajaib ini, tidak dipelajari secara khusus dalam pendidikan jurnalisme dimanapun, namun dapat dimiliki oleh seorang jurnalis dengan memperbanyak jam terbang dalam peliputan.

Awal menjadi jurnalis, saya juga sempat menghadapi masalah dengan makhluk satu ini. Namun perlahan saya mencoba menduga berbagai macam unsur alam, ilmiah dan sedikit mitos menjadi sebuah analisa dan prediksi peristiwa yang mungkin terjadi.

Misalnya untuk menduga apa yang bisa terjadi dengan transportasi, Saya biasanya menggabungkan Ilmu Klimatologi Dasar yang diperoleh saat kuliah dengan kondisi jalan atau penerbangan atau perairan jika suatu alat transportasi melintas dalam cuaca buruk, seperti yang terjadi hari ini. Atau Klimatologi dengan Lingkungan, jika hujan deras terjadi di sebuah wilayah yang gundul dan rawan longsor.

Hasilnya.... 80% terbukti atau terjadi, asal bukan klenik lho yaa......selamat mencoba




(Makassar, 27 Juni 2007)

0 pendapat:

Categories

Pages

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget